Senin, 20 Juni 2011 By: julian

Ulasan Untuk Kesadaran Bangsa

Pada tahun 1998 merupakan suatu fenomena guncangan terbesar di negara Indonesia, yang mana guncangan tersebut berasal dari berbagai aspek, seperti; ekonomi, politik dll. Hal ini yang menuntut pemerintah Indonesia melaksanakan perubahan. Guncangan ekonomi yang berdampak pada kebangkitan sektor swasta, hampir 70% perusahaan swasta mengalami kebangkrutan. Kejadian ini semakin menekan pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalahan ini. Dalam keadaan yang serba kacau, Pemerintah dipaksa untuk berfikir dalam mencari solusi hingga pada saat itu tercetuslah "Good Governance". konsep yang menjadi acuan yang dianggap dapat menyederhanakan permasalahan yang ada.
Tindakan Konkrit dari konsep tersebut adalah membangkitkan kembali peran swasta yang bersih dari kepentingan dan kompetitif. Berdasarkan uraian tersebut maka butuh adanya pembahasan khusus tentang poin-poin yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.
Ø  Rent Seeking Behaviour
Merupakan suatu kerjasama yang tidak sehat antara pengusaha dengan pengusaha, agar para penguasa, yang sering disebut para elit politik mengeluarkan kebijakan yang dapat menguntungkan pengusaha dan sebagai imbalanya pengusaha memberikan balasan berupa uang (materi). Demikian pula tidak hanya ddisebabkan oleh para pengusaha, bahkan dari aparaturnya sendiri menawarkan hal ini dengan harapan bahwa aparatur dapat menerima imbalan yang mereka inginkan.
Ø  Negara dan Pembangunan
Negara merupakan hal penting dalam sebuah pembangunan. Namun momentum seperti ini merupakan sebuah kesempatan bagi para elit politik di Negara tercinta ini. Seperti halnya Rent Seeking. Pembangunan juga dapat menjadi permasalahan karena tetap akan terjadi transaksi antara Pemerintah dan Pengusaha. Permasalahan tersebut tentu dapat digambarkan seperti berikut;
Para elit politik yang beradu dalam kekuasaan birokrasi memberikan modal dengan kontrak sehingga para elit politik berharap akan mendapatkan imbalan berupa dukungan untuk mempertahankan kekuasaan. Pengusaha memiliki hubungan khusus dengan para elit politik, meskipun menurut struktur pengusaha bukanlah bagian dari aparat birokrasi. Fenomena inilah yang menjadi gambaran, bagaimana hubungan antara elit politik dengan pengusaha.
Dalam halnya memaksimalkan kemampuan pribumi, pemerintah Indonesia telah meengadakan suatu program yang mengembangkan usaha-usaha pribumi yang dapat memaksimalkan sektor industri dan perdagangan yang dikenal dengan program banteng. Namun dalam pelaksanaan Pemerintah jkurang dalam hal pengawasan. Sehingga timbul penyalahgunaan aparatur yang menggunakan wewenangnya sehingga terjadi praktek korupsi.
Ø  Good Governance
Merupakan sebuah konsep pendekatan yang memadukan orientasi pasar dalam pemerintahan untuk mewujudkan pertumbuhan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat sosial melalui poin demokratisasi. Konsep yang mengghubungkan antara pasar, Negara dan masyarakat dengan peranya masing-masing dan akan tercipta harminisasi antara ketiga aspek tersebut. tentunya hal tersebut demi mewujudkan Pemerintah yang bersih, partisipasi dan kehidupan bisnis yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan perekonomian. Sehingga dapat menunjang pendapatan Negara, serta tata kelola Pemerintahan yang lebih baik.

=è Sepertihalnya Pemerintah yang sudah bekerja keras untuk membenahi kondisi untuk menjadi lebih baik, kita sebagai masyarakat juga harus dapat menilai dan melihat, sehingga kita bersama dapat menyaksikan perubahan yang terjadi. Mengevaluasi adalah hal terbaik untuk melihat kondisi apakah sudah lebih baik, atau malah berjalan ditempat. Kesadaran bersama adalah konsep sederhana yang harus kita terapkan, Negara, Pemerintah Masyarakat harus menanamkan kesadaran, agar kita mengerti apa yang harus kita lakukan, untuk mencapai kehidupan yang lebih baik nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar