Senin, 20 Juni 2011 By: julian

E-KTP Harapanya Bisa Terwujud

E-KTP iku opoo.??
itulah kalimat yang terlontar saat masyarakat desa terpencil menyimak sosialisasi tentang E-KTP dari pemerinta daerah setempat.

Masyarakat sepertinya masih belum mengerti, atau bahasa kerenya belum mudeng apa yang disampaikan oleh salah satu petugas penyampai sosialisasi. kata E-KTP begitu asing bagi para masyarakat dipedesaan, hal itu membuat saya senyum sambil menggelengkan kepala, namun di satu sisi hal itu juga membuat saya prihatin, artinya keadaan SDM yang ada dalam masyarakat masih jauh.
Pertanyaan besar dari saya keadaan yang masih seperti ini kok mau cepet-cepet menerapkan E-KTP apa iya nantinya bisa Efektif dan Efisien.??
Ini baru masalah sosialisasi loh, baru tahap pengenalan, nampaknya pemerintah daerah harus ekstra kerja keras untuk mewujudkan program E-KTP

Smoga pertanyaan dari masyarakat tadi tidak menjadikan pemerintah menjadi pesimis untuk merealisasikan program E-KTP, melainkan menjadi motivasi karena pertanyaan tersebut adalah wujud dari apresiasi masyarakat tentang E-KTP.

Ini adalah salah satu potret masyarakat Lampung tepatnya di kabupaten Pesawaran, dan saya adalah salah satu putera daerah dari kabupaten tersebut. Pada tahun 2010 ini di kabupaten pesawaran memang rencananya akan diadakan penerapan E-KTP yaitu Elektronik Kartu Tanda Penduduk, yaitu salah satu bentuk revolusi dari KTP. E-KTP ini merupakan salah satu wujud peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk masyarakatnya. Harapan besar setelah diterapkanya E-KTP tersebut masyarakat akan semakin mudah dalam pembuatanya dan dapat selesai dalam waktu singkat begitulah manfaat singkatnya bagi masyarakat.

Kembali lagi ke pembahasan ya
Masyarakat merupakan objek utama dalam pelaksanaan program ini, dan progaram ini saya melihat memang cukup baik karena akan banyak manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah. Sehingga harapan saya program ini bisa terealisasi. Cuplikan diatas adalah salah satu tantangan yang harus dhadapi oleh pemerintah mengingan masyarakat adalah objek utamanya. seharusnya pemerintah harus jeli dan butuh pemikiran inovatif dalam menciptakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini.

  • Pendekatan Kepada Masyarakat
Pendekatan kepada masyarakat dapat dijadikan kunci awal yang menjamin keberhasilan program ini, karena tanpa ada pendekatan masyarakat mayoritas tentunya tidak dapat menerima program ini, dan pada akhirnya itikat baik dari pemerintah akan sia-sia. Masyarakat merupakan kondisi yang abstrak dengan keadaan kultur, sosial ekonomi seta aspek lainya yang tentunya hal tersebut juga harus diperhatikan. Seperti halnya bahwa ketika orang tersebut merasa nyaman dengan sesuatu maka mereka akan bersedia melakukan sesuatu. Teori dasar itulah yang harus dijadikan pemerintah untuk melakukan pendekatan terhadap masyaraka.
Wong pemerintah aja jarang buat meluangkan waktunya untuk masyarakat, gimana masyarakat merasa nyaman dengan pemerintahnya. bener tohh.??

Mungkin apa yang saya sampaikan bisa menjadi sebuah motivasi, semoga harapanya pemerintah pesawaran bisa merealisasikan program ini

pesen terakhir: J

0 komentar:

Poskan Komentar